FIFA 20 vs PES 2020 – Mana yang Lebih Worth Buat Dimainkan?

Ketika bicara tentang simulasi sepak bola, FIFA bisa di bilang mengalahkan Pro Evolution Soccer (PES) dalam hal penjualan dan ulasan selama lebih dari satu dekade. Namun, setiap tahun, PES berhasil semakin dekat dengan saingannya itu. Mungkinkah tahun ini Konami akhirnya bisa menyusul? FIFA 20 vs PES 2020, manakah yang lebih worth buat dimainkan? Mana yang lebih bagus di antara ke duanya?

PES 20, atau eSports Pro Evolotion Soccer 2020, telah dirilis sejak bulan juli, sementara FIFA 20 baru dirilis pada akhir september lalu. Dan banyak pengulas telah memiliki tanggapan tentang keduanya. Baik itu review FIFA 20 ataupun ulasan mengenai Pro Evolution Soccer PES 2020.

Perbedaan Grafik FIFA 20 vs PES 2020

FIFA selalu menjadi yang terbaik dalam game sepak bola, setidaknya sampai saat ini. PES telah meningkatkan permainan mereka setiap tahun. Baru-baru ini, Konami mengumumkan bahwa mereka telah bermitra dengan beberapa team sepak bola terbesar di dunia termasuk Juventus, Manchester United, dan Bacelona.

Namun itu bukan berarti bahwa mereka sekarang memiliki nama team, lambang klub, dan jersey resmi mereka, meskipun sebuah pertanyaan di situs web mereka berbunyi.

Ada beberapa pemain yang belum dipindai, yang masih jauh lebih baik, sehingga perbedaan grafik di antara FIFA 20 vs Pro Evolution Soccer (PES) 2020 semakin nyata terlihat di menangkan oleh FIFA 20.

Perbedaan Mode FIFA 20 vs PES 2020

Dalam upaya untuk menyegarkan seri ini, EA Sports telah memperkenalkan mode terbaru yang diberi nama VOLTA di FIFA 20 yang mirip dengan FIFA Street jika Anda pernah memainkannya.

EA Menggambarkannya sebagai, “Gaya permainan yang benar-benar baru yang didasarkan pada realisme sepakbola jalanan dengan alat-alat baru termasuk tampilan dan skill yang disederhanakan, animasi baru, atau menggunakan tembok sebagai rekan setim.”

PES 2020 tampak tidak memiliki mode baru, namun PES telah membuat peningkatan besar-besaran pada mode Master League offline, termasuk cut scene, mode manajer, dan peningkatan transfer pemain.

Lisensi Pada FIFA 20 vs PES 2020

FIFA selalu memiliki pilihan lisensi yang jauh lebih besar, yang merupakan  alasan utama mengapa mereka selalu menjual lebih banyak. Beberapa pemain tidak ingin bermain sebagai Man Red di Stadion Trad Brick, dan itu bisa dimaklumi. Setelah Pro Evo kehilangan hak Liga Champions untuk FIFA, banyak orang menganggap mereka akan mati selamanya.

Namun, tahun ini PES melawan, mencuri hak eksklusif untuk Juventus dari EA Sports, dan juga mendapatkan hak untuk Euro 2020. FIFA masih memenangkan kategori ini dengan mudah.

Rivalitas Abadi 2 Raksasa Game Sepakbola

Rivalitas FIFA 20 vs PES 2020 sudah berlangsung puluhan tahun lamanya. Pada tahun 2000an awal, PES dari Konami sempat menjadi raja game sepakbola di Indonesia. EA Sports sebenarnya sudah terlebih dahulu mendominasi pasar game sepakbola dunia di era 90an dengan seri FIFA Soccer-nya.

Kalau Anda ingat rental-rental PS jaman dahulu, hampir semuanya memainkan game sepakbola besutan KONAMI yang dulunya dikenal dengan nama Winning Eleven.

PES mengakui bahwa beberapa tahun belakangan, popularitas serta penjualan gamenya turun secara drastis. Hal ini berefek pada lisensi Champions League yang berpindah tangan dari PES ke FIFA pada tahun 2018.

Dengan akan dirilisnya FIFA 20 vs PES 2020, mungkinkan PES berhasil merebut kembali mahkota sebagai game sepakbola terbaik dari FIFA?

Kesimpulan

Sebenarnya agak sulit untuk membandingkan dua game yang belum rilis ini. Namun dari fitur yang disajikan, nampaknya FIFA 2020 lebih worth untuk dimainkan.

PES 2020 lebih fokus mengembangkan fitur-fitur lama yang sudah ada. Selain itu menurut opini, PES 2020 nampaknya terlalu pilih kasih kepada penggemar FC Barcelona.

Berbeda dengan FIFA 20 yang menyajikan fitur-fitur baru yang lebih menarik. FIFA 20 juga nggak lupa untuk mengembangkan poin-poin plus yang ia miliki di versi sebelumnya.

Lisensi yang dimiliki FIFA juga lebih banyak. Memang, sih Anda dapat mendownload patch untuk game PES, namun lebih merekomendasikan untuk memainkan FIFA 20.

admin

Saya admin utama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *