Nike vs Adidas – Mana Brand Favorit Kalian?

Nike vs Adidas merupakan dua brand produk sportswear ternama yang mudah dikenali dengan kedua logo ikonik andalannya, swoosh dan three stripes. Keduanya dikenal memiliki kualitas yang sangat baik, bahkan mampu menciptakan trend sosial tersendiri di kalangan penduduk dunia.

Tidak hanya digunakan untuk mendukung aktivitas olahraga, juga sering dipakai sebagai pelengkap fashion saat beraktivitas di luar ruangan, seperti travelling atau hangout bersama teman.

Tak dapat dipungkiri, untuk sejumlah kalangan tertentu menggunakan kedua produk tersebut menjadi sebuah keharusan. Hal ini diperlukan untuk mendukung penampilan mereka agar telihat lebih staylish dan pede tentunya. Lantas apa sih yang membuat mereka begitu spesial dan sangat digandrungi? Dan diantara Nike vs Adidas, brand mana yang paling bagus? Apa saja kelebihan dan kekurangan dari kedua brand tersebut? Yuk, simak ulasan berikut!

Nike vs Adidas, Mana yang Lebih Dulu?

Jelas apabila dilihat dari segi usia, Adidas bisa dibilang lebih veteran. Perusahaan asal Jerman ini hadir lebih dulu pada tahun 1924, dibawah tangan pionir Adolf Dassler. Sedangkan, Nike baru muncul ke pasaran kurang lebih lima belas tahun kemudian.

Meski begitu, sebagai pendatang baru Nike berhasil unjuk gigi dan mampu menarik perhatian pasar hingga saat ini. Ia berhasil menduduki posisi yang sama dengan Adidas, sebagai produsen sportswear terbesar dan ternama di dunia.

Logo, Mana yang Lebih Menarik?

Desain logo Adidas sangat simple, terdiri dari tiga garis yang mengambarkan level tantangan untuk para atlet.

Sebagai identitas baru dari Adidas, logo ini sempat menuai kontroversi di kalangan para pecintannya. Logo ini diaangap terlalu membosankan. Meski begitu, Adidas bisa membuat brandnya lebih dikenal dan mendunia dengan wajah barunya itu.

Sama seperti rivalnya, Nike juga lebih memilih desain sederhana yaitu dengan menggunakan tanda centang dengan tambahan slogan ‘Just Do It’. Simple, namun memiliki makna yang mendalam. Logo rancangan Carolyn Davidson ini terinspirasi dari Swoosh yang artinya representasi dari gerakan dan kecepatan. Dengan harapan, siapa pun yang menggunakan produk keluaran milik Philip Knight ini selalu berada dalam kemenangan dan keberhasilan.

Sponsorship, Siapa Saja Tokoh Dibalik Nike Dan Adidas?

Untuk masalah sponsor, Nike bisa dikatakan lebih unggul. Tak main-main, ia berani mengeluarkan dana yang tidak sedikit agar bisa menggaet sejumlah superstar, dari kalangan selebriti dan atlet untuk menjadi brand ambasadornya.

Hampir setiap cabang olahraga didominasi oleh Nike. Termasuk sepak bola Amerika, baseball, bola basket, tinju, kriket, dan masih banyak lagi.

Mengutip sari situs AiObot.com {https://www.aiobot.com/nike-and-adidas-fight/}, berikut adalah daftar beberapa atlet yang disponsori Nike (baik dulu maupun sekarang):

  • Roger Federer (Atlet Tennis) – $60,000,000
  • Lebron James (Atlet Basket) – $54,000,000
  • Tiger Woods (Atlet Golf) – $45,000,000
  • Kevin Durant (Atlet Basket) – $36,000,000
  • Kobe Bryant (Atlet Basket)  – $25,000,000
  • Serena Williams (Atlet Tennis) – $20,000,000

Tak mau kalah, Adidas pun berhasil mengget sejumlah atlet superstar seperti:

  • Jayson Werth (Atlet Baseball) – $200,000
  • Novak Djokovic (Atlet Tennis) – $34,000,000
  • Lionel Messi (Pesepakbola) – $28,000,000
  • Kobe Bryant
  • James Harden (Atlet Basket) $17,000,000
  • Derrick Rose (Atlet Basket) – $14,000,000
  • Jason Day (Atlet Golf) – $8,5000,000
  • Pharrell Williams (Musisi).

Bisa dilihat, dalam hal ini Nike membayar jauh lebih besar dari pada Adidas untuk masalah sponsor. Dan masih banyak atlet maupun selebriti lainnya yang disponsori langsung oleh Nike maupun Adidas.

Inovasi Produk, Mana yang Lebih Kreatif?

Dalam hal ini, Nike lebih memilih untuk melakukan inovasi pada fitur produk. Seperti pengembangan teknologi ACC dan Green Speed untuk memberikan kenyamanan kepada para penggunanya.

Beda halnya dengan Adidas yang lebih mementingkan desain dan tampilan sebagai salah satu langkah inovasi produknya. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menggaet market utamanya, yaitu kaum milenial.

Harga, Mana yang Lebih Bersahabat?

Untuk masalah harga, Adidas bisa dibilang lebih bersahabat dibanding Nike. Karena teknologi yang ditawarkannya, Nike membandrol harga yang relatif mahal di pasaran. Meski harganya lebih murah, bukan berarti kualitasnya di bawah Nike ya teman-teman.

Kualitas produk keluaran Adidas juga tak kalah nyaman dengan produk Nike. So mau pilih yang mana? Adidas atau Nike?

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa kedua brand tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Temen-temen tinggal pilih mau pilih produk yang lebih mengutamakan tampilan atau kenyaman? Dan jangan lupa, sesuaikan dengan budget juga ya

admin

Saya admin utama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *