Tokopedia Vs Bukalapak – e-Commerce Mana yang Terbaik?

Anda pasti tidak asing dengan persaingan Tokopedia vs Bukalapak. Mereka adalah ‘salah dua’ situs belanja online terbaik di Indonesia dan asli Indonesia. Keduanya bahkan sudah bergelar startup unicorn, yaitu startup yang sudah memiliki valuasi mencapai $1 miliar. Masing-masing dari mereka tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Nah, supaya Anda bisa menentukan mana yang terbaik, berikut ini kami sajikan perbandingan antara Tokopedia vs Bukalapak dari berbagai aspek. Simak ya!

Kelebihan dan Kekurangan, Tokopedia Vs Bukalapak

Tokopedia adalah startup karya anak bangsa yang mulai dirintis di tahun 2014. Sempat tertatih-tatih di awal mulai bisnisnya, marketplace ini saat menjadi salah satu tujuan belanja online sebagian besar masyarakat Indonesia. Ini karena Tokopedia selalu tampil dengan fitur-fitur kerenya. Tokopedia juga menjadi salah satu platform yang banyak diminati para seller untuk memajang produk yang dijual.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari Tokopedia dan Bukalapak.

Kelebihan Tokopedia

  1. Mempunyai tampilan yang ringan dan mudah digunakan
  2. Mudah di download secara Cuma-Cuma
  3. Waktu loadingnya tergolong cepat, terutama saat mengakses halaman-halaman toko
  4. Memiliki fitur harga grosir
  5. Menyediakan juga fitur untuk perkiraan harga total yang harus dibayar oleh konsumen.
  6. Memiliki fitur pre-order untuk barang impor.
  7. Untuk pemindahan dana dibutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga jam
  8. Tokopedia menggunakan kode otp

Kelemahan Tokopedia

  1. Satu kelemahan Tokopedia yang sering dikeluhkan oleh pelanggan adalah terlalu sering maintenance akibatnya kegiatan belanja menjadi terhambat menimbulkan ketidaknyamanan.
  2. Seringnya maintenance disebabkan oleh error yang sering terjadi pada situs resmi serta aplikasi ini.
  3. Para seller sering melakukan perang harga pada marketplace ini.

Nah, demikian kelebihan dan kekurangan Tokopedia yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah ulasan tentang kompetitor Tokopedia yaitu Bukalapak yang juga dapat menambah wawasan menjadi referensi Anda.

Bukalapak juga merukapan startup karya anak bangsa yang naik daun dengan waktu relative singkat. Salah satunya karena sistem marketingnya yang cukup unik. Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan marketplace ini.

Kelebihan Bukalapak

  1. Marketplace ini hadir dengan inovasi-inovasi terkini berbasis teknologi canggih. Yang cukup menonjol adalah tampilannya yang baik dan untuk menanmbahkan gambar bisa hingga 5 gambar sekaligus dengan sistem drag and drop.
  2. Bukalapak dapat mengatasi masalah manajemen stok bagi penjual.
  3. Bukalapak juga menyediakan fitur pilihan ongkos kirim yang disediakan oleh beragam jasa pengiriman barang.
  4. Bukalapak juga menyediakan fitur diskon.
  5. Proses transfer dana dari Bukalapak juga cukup cepat dengan tampilan yang praktis dan ringan.
  6. Bukalapak juga di lengkapi fitur widget yang berguna untuk mempromosikan online shop Anda pada situs atau media sosial.

Kekurangan Bukalapak

  1. Sayangnya warna dasar yang dipilih sebagai tema tampilan terlihat sangat mengganggu karena terlalu mencolok.
  2. Saat dicari dengan search engine Bukalapak cukup sulit ditemukan.
  3. Pencairan dana dari bukadompet tergolong cukup lama
  4. Lag dan loading sangat sering terjadi karena Bukalapak menggunakan memori RAM yang cukup banyak.
  5. Tidak menyediakan pre-order
  6. Fitur notifikasi kerap mengalami keterlambatan hingga terasa tak terlalu bermanfaat.

Nah dari kedua marketplace ini kira-kira Anda mau milih yang mana? Kalau mimin sih mending Tokopedia selain tampilannya enak Tokopedia juga sangat ringan pada saat dibuka.

Reputasi Penjual Tokopedia vs Bukalapak

Bukalapak hanya mempertimbangkan feedback pelapak, ulasan barang, persentase transaksi sukses, dan rata-rata pengiriman. Untuk feedback, pelapak punya kesempatan menghapus 1 feedback negatif dengan 20 feedback positif (15 untuk pelapak premium)

Poin-poin yang dipertimbangkan untuk reputasi penjual di Tokopedia lebih lengkap yaitu rata-rata ulasan produk, penilaian penjual, badge reputasi berdasarkan jumlah poin, rata-rata kecepatan, pesetase transaksi sukses, serta kecepatan respon diskusi dan pesan.

Fitur Unggulan Tokopedia Vs Bukalapak

Tokopedia memiliki fitur dropshipper, Faktor inilah yang membuat Tokopedia menjadi primadona bagi para pembisnis online pemula yang ingin menjadi dropshipper.

Seperti kita ketahui bahwa tidaklah semua pembisnis online memiliki modal yang besar, maka tidak akan banyak orang yang punya kesempatan itu ikut berjualan online seperti di Bukalapak.

Nah ketika Tokopedia menyediakan fitur dropshipper (reseller), maka seakan itu menjadi angin segar bagi orang yang bermodal pas-pasan untuk ikut berjualan online.

Jadi dari sisi ini Tokopedia lebih unggul daripada Bukalapak.

Kesimpulan

Sampai saat ini kedua situs marketplace ini terus bersaing dan berpacu agar bisa menjadi yang terbaik. Menurut survey, pada saat ini Tokopedia memang lebih unggul sati tingkat dibandingkan dengan Bukalapak. Tapi sangat bisa jadi kedepannya Bukalapak mampu melakukan inovasi, sehingga menalip rivalnya tersebut. Nah bagaimana menurut Anda?

admin

Saya admin utama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *